Related Post

blog ini berisi ribuan artikel kesehatan, askep, askeb, KTI, silahkan pakai kolom pencarian berikut:

40,33% Penduduk Indonesia Kesehatannya Belum Terjamin

ilustrasi Foto: Koran SI
JAKARTA - Ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum memproteksi kesehatannya dengan asuransi. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan pada 2010, tercatat sebanyak 96,03 juta jiwa atau sekira 40,33 persen penduduk Indonesia yang belum  terjamin kesehatannya.

"Dari total 283,13 juta jiwa penduduk Indonesia, yang terdaftar dalam asuransi kesehatan (askes) sebanyak 99,6 juta jiwa. Sebanyak 96,03 persen atau 40,33 persen belum terjamin," ungkap Direktur Utama Askes I Gede Subawa saat Rapat dengar Pendapat antara Askes dengan komisi IX di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/1/2011).

Adapun dari total 99,6 juta jiwa tersebut, yang sudah wajib memperoleh Askes sekira 16,6 juta jiwa, Asuransi PJKMU sekira 6,6 juta jiwa, dan yang terdaftar dalam jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) sekira 76,4 juta jiwa.

"Sementara itu, yang terdaftar dalam jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) 6,2 juta jiwa, dan yang terdaftar dalam Asuransi ABRI (Asabri) sekira dua juta jiwa," tandasnya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan untuk asuransi Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM) atau asuransi pra-bayar yang pengelolaanya di kelola oleh badan penyelenggara (bapel) tercatat sekira 25,5 juta jiwa. Sementara untuk asuransi komersial tercatat sebanyak 8,8 juta jiwa yang telah bergabung.(adn)(rhs)

Sumber: Yuni Astutik - Okezone

0 komentar:

KOTAK PENCARIAN:

blog ini berisi ribuan artikel kesehatan, askep, askeb, KTI, silahkan pakai kolom pencarian berikut: