Related Post

blog ini berisi ribuan artikel kesehatan, askep, askeb, KTI, silahkan pakai kolom pencarian berikut:

IDI: Wanita Mesti Rutin Periksa Kesehatan Rahim

Metrotvnews.com, Sukabumi: Ikatan Dokter Indonesia atau IDI cabang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengingatkan agar seluruh wanita di Kabupaten Sukabumi sering memeriksakan kesehatan rahim. Ini bertujuan agar terbebas dari penyakit kanker mulut rahim yang bisa menyebabkan kematian bagi para penderita.

"Pemeriksaan rutin ini untuk mencegah penyakit khusus wanita ini," kata Ketua Koordinator Wilayah II IDI Kabupaten Sukabumi dr.Cici Budianto di sela-sela acara pemeriksaan gratis kepada 55 ibu rumah tangga (IRT) IVA (Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat), serta Pelayanan KB Implan dan Ayudi di Puskesmas Sekarwangi Kelurahan Cibadak.

Cici menambahkan, penyakit ini sangat rentan sekali menjangkiti para wanita yang sudah datang menstruasi. Untuk itu perlu adanya pemeriksaan rutin agar tidak terjangkit penyakit ini."Wanita Indonesia khususnya di Kabupaten Sukabumi harus terbebas dari penyakit ini," tambahnya.

Untuk itu, dalam mengantisipasi penyakit kanker mulut rahim ini pihaknya memberikan pelayanan gratis kepada para ibu rumah tangga dan siswi di Kabupaten Sukabumi khususnya yang tidak mampu untuk memeriksakan kesehatan rahimnya.

"Pemeriksaan ini adalah sebagai bentuk deteksi dini kanker mulut rahim," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan di tujuh titik daerah Kabupaten Sukabumi, yakni Surade, Sukaraja, Parungkuda, Warungkiara, Bojonglopang dan Cibadak. Lebih lanjut, pihaknya juga akan melaksanakan seminar Problem Seks dan Problematika Rumah Tangga pada 16 oktober mendatang, di Kampus UMMI Kota Sukabumi.

"Rencananya akan hadir narasumber, pakar seksologi kondang, dr. Boyke," ungkap Cici.

Cici berharap, dengan adanya pelayanan sosial yang dilakukan oleh pihaknya bisa menekan angka wanita yang terkena penyakit kanker mulut rahim. "Kami mempunyai misi ke depannya yakni selamatkan wanita dari penyakit kanker mulut rahim," kata dia.(Ant/BEY)

Sumber: http://www.metrotvnews.com/

0 komentar:

KOTAK PENCARIAN:

blog ini berisi ribuan artikel kesehatan, askep, askeb, KTI, silahkan pakai kolom pencarian berikut: